JUDUL SKRIPSI : KEM
(KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA)
SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI 2 RAHA
NAMA :
RIFIN
STAMBUK : A1D3 09 152
RUMUSAN MASALAH:
Berdasarkan paparan pada latar belakang, maka dapat dikemukakan
masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah
tingkat kecepatan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha ?
2. Bagaimanakah
tingkat pemehaman isi bacaan berdasarkan keceptan baca siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Raha ?
3. Bagaimanakah
KEM ( kecepatan efektif membaca ) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha ?
TUJUAN PENELITIAN :
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut.
1.
Bagaimana tingkat kecepatan membaca siswa kelas
VIII SMP Negri 2 Raha.
2.
Bagaimana tingkat pemahaman isi bacaan
berdasarkan kecepatan baca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha.
3.
Bagaimana KEM ( kecepatan efektif membaca )
siswa kelas VIII SMP Negri 2 Raha.
MANFAAT PENELITIAN :
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah
sebagai berikut.
1.
Memberikan informasi sekaligus masukan berharga
bagi guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negri 2 Raha pada khususnya, dan
guru bahasa dan Sastra Indonesia SMP maupun MTs di Sulawesi tenggara pada
umumnya untuk lebih meningkatkan mutu pengajaran keterampilan membaca khususnya
KEM ( kecepatan efektif membaca ) di sekolah.
2.
Bagi siswa diharapkan penguasaan KEM yang baik
merupakan aset berharga dalam melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat
selanjutnya.
3.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan
landasan empirik ( pengalaman ) bagi penelitian berikutnya, terutama penelitian
yang berhubungan dengan keterampilan membaca.
KESIMPULAN :
Berdasarkan hasil analisis data,
maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.
Aspek kecepatan membaca ( kpm ) siswa kelas VIII
SMP Negri 2 Raha mencapai rata-rata 166 kpm. Kecepatan membaca ini tergolong
pada kategori belum memadai karena tidak mencapai 200-250 kpm atau hanya (
17,19% ).
2.
Aspek pemahaman isi bacaan tergolong pada
kategori memadai yakni mencapai rata-rata 70 % atau ( 62,5 % ).
3.
KEM ( kecepatan efektif membaca ) siswa kelas
VIII 2 Negri 2 Raha belum mencapai standar KEM tingkat SMP 140 – 175 kpm yakni
hanya memnacapai rata-rata 109 kpm atau ( 15,62 %). Dengan demikian KEM siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Raha belum memadai.
Berdasarkan
kesimpulan dan beberapa data diatas ini menunjukan bahwamasih banyak yang perlu
ditingkatkan lagi. Dengan demikian tingkat kemampuan membaca siswa VIII SMP
Negeri 2 raha masi perlu dibenahai lagi apakah dari segi
pembelajaranya,memotifasi siswanya, atau
metode guru yang mengajar yang harus diperbaiki. Kurangnya kemampuan
siswa VIII SMP Negeri 2 Raha membaca kurangnya keinginan siswa untuk
membaca sehinga dalam memahami sebuah makna itu sangat kurang pemahamanya.
Ini disebababkan karena dalam proses
belajar mengajar siswa VIII SMP Negeri 2 Raha 75 % diperintahkan untuk menyalin
terus sehingga ini mengurangi keinginan siswa untuk membaca.
Berdasarkan
beberapa permasalahan dalam skripsi ini maka ada keinginan untuk melekukakan
penelitian untuk mengetahui kekurangan dalam proses pengajaran Siswa SMP Negeri 2 Raha sehinga dapat dilakukan
perubahan .
TUGAS
OLEH
ARIFIN
A1
D3 09 152
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN
SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar