Senin, 04 Juni 2012

KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA


JUDUL SKRIPSI  : KEM (KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA)
                               SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAHA
NAMA                 : RIFIN
STAMBUK           : A1D3 09 152
RUMUSAN MASALAH:
Berdasarkan paparan pada latar belakang, maka dapat dikemukakan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah tingkat kecepatan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha ?
2.      Bagaimanakah tingkat pemehaman isi bacaan berdasarkan keceptan baca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha ?
3.      Bagaimanakah KEM ( kecepatan efektif membaca ) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha ?
TUJUAN PENELITIAN :
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut.
1.       Bagaimana tingkat kecepatan membaca siswa kelas VIII SMP Negri 2 Raha.
2.       Bagaimana tingkat pemahaman isi bacaan berdasarkan kecepatan baca siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha.
3.       Bagaimana KEM ( kecepatan efektif membaca ) siswa kelas VIII SMP Negri 2 Raha.
MANFAAT PENELITIAN :
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.       Memberikan informasi sekaligus masukan berharga bagi guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Negri 2 Raha pada khususnya, dan guru bahasa dan Sastra Indonesia SMP maupun MTs di Sulawesi tenggara pada umumnya untuk lebih meningkatkan mutu pengajaran keterampilan membaca khususnya KEM ( kecepatan efektif membaca ) di sekolah.
2.       Bagi siswa diharapkan penguasaan KEM yang baik merupakan aset berharga dalam melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat selanjutnya.
3.       Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan landasan empirik ( pengalaman ) bagi penelitian berikutnya, terutama penelitian yang berhubungan dengan keterampilan membaca.



KESIMPULAN :
Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.       Aspek kecepatan membaca ( kpm ) siswa kelas VIII SMP Negri 2 Raha mencapai rata-rata 166 kpm. Kecepatan membaca ini tergolong pada kategori belum memadai karena tidak mencapai 200-250 kpm atau hanya ( 17,19% ).
2.       Aspek pemahaman isi bacaan tergolong pada kategori memadai yakni mencapai rata-rata 70 % atau ( 62,5 % ).
3.       KEM ( kecepatan efektif membaca ) siswa kelas VIII 2 Negri 2 Raha belum mencapai standar KEM tingkat SMP 140 – 175 kpm yakni hanya memnacapai rata-rata 109 kpm atau ( 15,62 %). Dengan demikian KEM siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Raha belum memadai.
Berdasarkan kesimpulan dan beberapa data diatas ini menunjukan bahwamasih banyak yang perlu ditingkatkan lagi. Dengan demikian tingkat kemampuan membaca siswa VIII SMP Negeri 2 raha masi perlu dibenahai lagi apakah dari segi pembelajaranya,memotifasi siswanya, atau  metode guru yang mengajar yang harus diperbaiki. Kurangnya kemampuan siswa  VIII SMP Negeri  2 Raha membaca kurangnya keinginan siswa untuk membaca sehinga dalam memahami sebuah makna itu sangat kurang pemahamanya. Ini  disebababkan karena dalam proses belajar mengajar siswa VIII SMP Negeri 2 Raha 75 % diperintahkan untuk menyalin terus sehingga ini mengurangi keinginan siswa untuk membaca.
Berdasarkan beberapa permasalahan dalam skripsi ini maka ada keinginan untuk melekukakan penelitian untuk mengetahui kekurangan dalam proses pengajaran Siswa  SMP Negeri 2 Raha sehinga dapat dilakukan perubahan .











TUGAS



Logo UH keren.JPG


OLEH
ARIFIN
A1 D3 09 152


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar