RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMA Negeri …
MATA
PELAJARAN : Bahasa
Indonesia
KELAS
: X
SEMESTER
: 1
ALOKASI
WAKTU : 2
x 45 Menit
STANDAR
KOMPETENSI
Menulis : 8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
KOMPETENSI
DASAR
Menulis
puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima.
INDIKATOR
1.
Kognitif
·
Proses
1.
Mengidentifikasi jenis-jenis puisi lama
2.
Mengidentifikasi
banyak bait, irama, dan rima dari puisi
lama
·
Produk
1.
Membedakan jenis puisi lama
2.
Menemukan bait, rima,
dan irama di dalam puisi lama
2.
Psikomotor
a. Mampu
menulis puisi lama
3.
Afektif
a. Karakter
·
Teliti
·
Tekun
b. Keterampilan
sosial
·
Mampu membacakan hasil tulisan di
hadapan teman-teman
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
a. Proses
Setelah menulis
puisi lama siswa diharapkan mampu:
1.
Mengidentifikasi jenis puisi lama
2.
Mengidentifikasi banyak bait, rima, dan
irama yang terdapat di dalam puisi lama
b. Produk
Setelah menulis
puisi lama, siswa diharapkan mampu:
1.
Menentukan jenis puisi lama
2.
Menentukan banyak bait, rima, dan irama
yang terdapat di dalam puisi lama
3.
Psikomotor
Setelah
mempelajari dan berlatih menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas,
siswa secara mandiri diharapkan mampu:
1. Menuliskan
puisi lama
2. Membacakan
hasil tulisan di hadapan teman-teman
4.
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan
kemajuan dalam perilaku seperti ketelitian dan ketekunan.
b. Keterampilan
sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan
memperlihatkan kemajuan dalam kemampuan menuliskan puisi lama dan keterampilan
menyampaikan hasil tulisan dengan bahasa yang baik dan benar di hadapan
teman-teman.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Membedakan jenis-jenis
puisi lama
·
Mennetukan bait, rima,
dan irama yang terdapat di dalam puisi lama
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Pembelajaran Kontekstual
2.
Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
3.
Metode pembelajaran
§ Unjuk kerja
§ Penugasan
BAHAN
·
Lembar kerja
·
Spidol
ALAT
·
Teks Puisi Lama
SKENARIO
PEMBELAJARAN
NO
|
Kegiatan
|
Penilaian
Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pertemuan
I
|
|||||
A1
|
Kegiatan awal (10
menit)
·
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan
menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
·
Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai
pengetahuan siswa tentang hal-hal pokok, hal menarin, dan unsur intrinsik
yang terdapat dalam cerpen.
|
||||
Kegiatan
inti (25 menit)
· Siswa secara bersama-sama membaca
materi tentang puisi lama.
· Guru memberi penjelasan tentang
materi yang telah ditentukan.
· Siswa membaca contoh puisi lama.
· Secara individu siswa menuliskan
contoh puisi lama.
· Tiap-tiap siswa bersiap untuk membacakan
puisi lama yang telah dituliskannya.
· Siswa lain mendengarkan pemaparan
yang disampaikan oleh temannya.
|
|||||
C1
|
Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari
ini.
·
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·
Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran
ditutup dengan salam.
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
§
Buku: Bahasa dan
Sastra Indonesia
untuk SMA kelas X
§
Materi Esensial Bahasa
Indonesia
§
Silabus
EVALUASI
DAN PENILAIAN
1. Evaluasi
a.
Evaluasi Proses:
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktifitas siswa dalam menggarap
tugas.
b.
Evaluasi Hasil:
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas dan pengamatan unjuk
keterampilan.
2. Penilaian
a. Tugas
Individu
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1
Standar Kompetensi
Menulis : 8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
Oleh:
LKS 1: LEMBAR KERJA SISWA Bahasa Indonesia
|
Nama……………………. Kelompok……………… Tanggal……………….
|
Kegiatan 1
1.
Sebutkan jenis-jenis puisi
lama yang kamu ketahui!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.
Sebutkan ciri-ciri dari
puisi lama yang kamu kemukakan diatas!
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
|
LKS 2: LEMBAR KERJA SISWA Bahasa
Indonesia
|
Nama……………………. Kelompok……………… Tanggal……………….
|
Kegiatan 2
1.
Tuliskanlah lima contoh
pantun, kemudian identifikasi banyak bait, jenis rima dan irama dari pantun
yang kamu buat!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
|
LEMBAR PEGANGAN GURU
(LPG)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1
Standar Kompetensi
Menulis : 8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
Oleh:
SEKOLAH :
SMA Kartika Kendari
MATA PELAJARAN :
Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
|
Hakikat Puisi
Lama
Puisi adalah
ungkapan imajinatif yang dirangkai dengan irama dan memperhatikan pemaknaan.
Jauh sebelum kita mengenal puisi komtemporer masa kini, dulu puisi telah banyak
dibuat dengan berbagai bentuk dan kaidah, yaitu puisi lama. Puisi lama berbeda
dengan puisi baru. Menurut Alisjahbana puisi lama adalah bagian dari kebudayaan
lama yang dipancarkan oleh masyarakat lama.
Bentuk-bentuk puisi lama:
- Syair, yaitu sajak yang terdiri atas empat baris dalam satu bait. Baris pertama hingga terakhir pada syair berima a-a-a-a.
Contoh:
Sengsara gerangan
takdirnya untung (a)
Sebagai nasib si
bunga betung (a)
Hanyut di sungai
terkatung-katung (a)
Diejekkan kera dan
lutung (a)
2. Karmina,
yakni sajak yang terdiri atas dua baris saja. Umumnya berisi sindiran atau
gurauan.
Contoh:
Kayu lurus dalam ladang
Kerbau kurus banyak tulang
3. Pantun,
yaitu sajak yang terdiri atas empat baris dalam satu baitnya. Baris pertama dan
kedua merupakan sampiran, sedangkan baris yang ketiga dan keempat adalah isi.
Pantun menggunakan rima a-b-a-b. Pantun memiliki banyak jenis, seperti pantun
berkasih-kasihan, pantun jenaka, pantun agama, pantun perdagangan, pantun
berduka, dan lain-lain.
4. Talibun,
sebenarnya dapat dikategorikan dengan pantun, jika pantun hanya terdiri dari
empat baris, talibun memiliki lebih dari empat baris.
5. Gurindam,
yaitu puisi lama yang isi dan temanya tak berbeda dengan pantun, karena
kebanyakan berisi nasihat dan mendidik.
Bait, Irama, dan Rima
1. Bait
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bait adalah satu kesatuan dalam puisi
yang terdiri atas beberapa baris. Fungsi bait adalah membagi puisi menjadi
bab-bab pendek.
2. Irama
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2003: 442), irama adalah alunan
yang tercipta oleh kalimat yang berimbang, selingan bangun kalimat, dan panjang
pendek serta kemerduan bunyi.
3. Rima
Rima adalah persamaan atau perulangan bunyi (Wiyanto, 2005: 29).
Jenis-Jenis Puisi Lama
Ciri-ciri puisi lama:
·
Merupakan puisi rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya.
·
Disampaikan lewat mulut ke mulut, jadi merupakan sastra lisan.
·
Sangat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait,
jumlah suku kata maupun rima.
Yang termasuk puisi lama
adalah:
·
Mantra adalah ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib.
·
Pantun adalah puisi yang bercirikan bersajak a-b-a-b, tiap bait 4 baris,
tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, 2 baris awal sebagai sampiran, 2 baris
berikutnya sebagai isi. Pembagian pantun menurut isinya terdiri dari pantun
anak, muda-mudi, agama/nasihat, teka-teki, jenaka.
·
Karmina adalah pantun kilat seperti pantun tetapi pendek.
·
Seloka adalah pantun berkait.
·
Gurindam adalah puisi yang berdirikan tiap bait 2 baris, bersajak a-a-a-a,
berisi nasihat.
·
Syair adalah puisi yang bersumber dari Arab dengan ciri tiap bait 4
baris, bersajak a-a-a-a, berisi nasihat atau cerita.
·
Talibun adalah pantun genap yang tiap bait terdiri dari 6, 8, ataupun 10
baris
LEMBAR PENILAIAN
(LP)
BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1
Standar Kompetensi
Menulis : 8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
Oleh:
LP 1 : KOGNITIF PROSES
Pedoman Penskoran LKS 1
No
|
Komponen
|
Deskriptor
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Mengidentifikasi jenis-jenis puisi lama
|
Siswa mampu mengidentifikasi
jenis-jenis puisi lama
|
|||
2
|
Mengidentifikasi
banyak bait, irama, dan rima dari puisi lama
|
Siswa
mampu mengidentifikasi banyak bait, irama, dan rima dari puisi lama
|
Keterangan:
1. (3) sangat tepat
2. (2) tepat
3. (1) tidak tepat
Cara
Pemberian Nilai
Rumus:
LP 2 : KOGNITIF PRODUK
Pedoman Penskoran LKS 2
No
|
Komponen
|
Deskriptor
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Menentukan jenis-jenis puisi lama
|
Siswa mampu
menentukan jenis-jenis puisi lama
|
|||
2
|
Menentukan
banyak bait, irama, dan rima dari puisi lama
|
Siswa
mampu menentukan banyak bait, irama, dan rima dari puisi lama
|
Keterangan:
1. (3) sangat tepat
2. (2) tepat
3. (1) tidak tepat
Cara
Pemberian Nilai
Rumus:
LP 3 : PSIKOMOTOR
Pedoman Penskoran LKS 2
No
|
Komponen
|
Deskriptor
|
Skor
|
Catatan
|
1
|
Menuliskan puisi
lama
|
Siswa mampu menulis beberapa jenis puisi
lama
|
3
2
1
|
|
2
|
Mampu membacakan puisi yang dibuat dengan
kriteria:
1.
Suara
2.
Lafal
3.
Intonasi
|
a.
Sangat jelas
b.
Kurang jelas
c.
Tidak jelas
a.
Sangat jelas
b.
Kurang jelas
c.
Tidak jelas
a.
Sangat jelas
b.
Kurang jelas
c.
Tidak jelas
|
3
2
1
3
2
1
3
2
1
|
Keterangan:
1. (3) sangat tepat
2. (2) tepat
3. (1) tidak tepat
Cara
Pemberian Nilai
Rumus:
LP
4 : AFEKTIF (KARAKTER)
No
|
Karakter
|
Skor Total
|
||||
Tanggung Jawab
|
Disiplin
|
Ketekunan
|
Kreatif
|
Kritis
|
||
1
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
2
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
3
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
5
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
6
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
7
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
8
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
9
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
10
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
11
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
12
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
13
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
14
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
15
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
16
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
17
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
18
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
19
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
20
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
21
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
22
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
23
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
24
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
25
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
26
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
27
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
28
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
29
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
30
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
31
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
32
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
33
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
34
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
35
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
36
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
37
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
38
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
39
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
|
40
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
1 2 3 4
|
Keterangan
4 = sangat baik 2 = kurang baik
3 = baik 1 = tidak baik
LP 5 : AFEKTIF (KECAKAPAN SOSIAL)
No
|
Karakter
|
Skor
Total
|
||
Inisiatif
|
Berbahasa
Santun dan Komunikatif
|
Partisipasi
|
||
1
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
2
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
3
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
5
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
6
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
7
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
8
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
9
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
10
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
11
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
12
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
13
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
14
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
15
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
16
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
17
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
18
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
19
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
20
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
21
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
22
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
23
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
24
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
25
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
1 2 3
4
|
|
…
|
Keterangan
4 = sangat baik 2 =
kurang baik
3 = baik 1 = tidak baik
Kendari,13 Desember 2011
Mengetahui,
Guru Pamong Mahasiswa
KKP-PPL
Nur Niati, S.Pd Eka Cahyowati
Menyetujui,
Kepala
Sekolah
Drs. H. N.P
Dahlan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar