ANAK-ANAK
DESA YANG KREATIF
Kursi
mewah yang banyak dipakai di hotel, vila, dan rumah-rumah mewah di luar negri
itu ternyata berasal dari Cirebon. Barang itu merupakan hasil karya tangan dan
jiwa seni anak-anak desa di daerah Cirebon. Dengan alat sederhana, para perajin
memoto-motong rotan. Kerangka itu diampelas, lalu dipasang anyaman pengganti
rotan yang terbuat dari kertas semen. Kertas semen itu dipilih-dipilih menjadi
sesuatu tali, lalu dianyam. Tali itu dianyam dengan mesin pada kawat yang telah
dibungkus kertas semen. Dengan demikian, terbentuklah anyaman tali kertas
seperti lembaran kertas yang disebut loom. Bahan baku berupa lembaran anyaman
kertas ini masih didatangkan dari Eropa.
1.Wacana
diatas adalah wacan Ekspositorik, alasanya adalah wacana diatas merupakan
rangkaian tuturan yang memaparkan suatu pokok pikiran dengan cara menyampaikan
uraian detailnya, dan memiliki tujuan tercapainya tingkat pemahaman akan
sesuatu supaya lebih jelas .
2.
Konteks wacan Del Hymes dan menggunakan enam unsur pembentuk konteks wacana.
1. Seting (latar)
Percakapan di daerah Cirebon
waktunya tidak diketahui.
2. Peserta (participants)
Pesertanya para pengrajin (anak-anak didesa cirebon) artinya bersifat
satu arah.
3. End (hasil)
Hasilnya adalah kursi tersebut banyak dipakai di hotel, vila, dan
rumah-rumah.
4.
Amanat (message)
Amanatnya
adalah anak-anak didesa sangat kreatif dan dapat memanfatkan segalah sesuatu menjadi bermanfaat dengan alat
sederhana.
5. Key (cara)
Pencerita diatas dengan cara santai.
6. Instrument (sarana)
Instrumen (sarana) mengacu pada pemakaian bahasa secara lisan.
7. Norma (norms)
Norma (norms) adalah ceramah atau cenderung satu arah.
8. Genre (jenis)
Genre (jenis) mengacu pada kategori argumentasi.
3.Topik,
Tema, dan Judul
1.
Kursi
2.
Kursi dari Cirebon
3. Cara membuat kursi dengan alat
sederhana.
4.
Analisis Koherensi
1
dan 2 tidak ditandai hubungan
makna
2 dan 3
instrumen (dengan).
3 dan 4
tempo (kemudian)
4 dan 5
tempo (setelah)
5 dan 6
tidak ditandai hubungan makna
6 dan 7
tidak ditandai hubungan makna
7
dan 8 instrumen (dengan)
8 dan 9
tidak ditandai hubungan makna
1. Antara
kalimat 1 dan 2 tidak ditandai hubungan makana.
2. Antara
kalimat 2 dan 3 memiliki hubungan makna ditandai dengan hubungan makna
instrument yaitu dengan.
3. Antara
kalimat 3 dan 4 memiliki hubungan makna
ditandai dengan hubungan makna tempo yaitu kemudian.
4. Antara
kalimat 4 dan 5 memiliki hubungan makna ditandai dengan hubungan makna tempo
yaitu setelah.
5. Antara
kalimat 5 dan 6 tidak ditandai hubungan makna.
6. Antara
kalimat 6 dan 7 tidak ditandai hubungan makna.
7. Antara
kalimat 7 dan 8 memiliki hubungan makna ditandai dengan hubungan makna
instrument yaitu dengan.
8. Antara
kalimat 8 dan 9 tidak ditandai hubungan makna.
TUGAS
WACANA BAHASA
INDONESIA
OLEH
ARIFIN
A1
D3 09 152
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN
SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar